Komunikasi Data


Komunikasi data adalah proses pengiriman data dari pengirim ke penerima dimana didalamnya terdapat dua teknik yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah teknik komunikasi yang berarti model, dan perantara komunikasi menjadi kepentingan pokok yang harus diketahui, serta teknik pengolahan data yang berisi mekanisme perubahan berbentuk data yang awalnya digital diubah menjadi bentuk analog dalam proses pengiriman menggunakan modem atau modulator de modulator.
Untuk menghasilkan hasil yang maksimal, dalam proses komunikasi data ada beberapa factor yang harus disesuaikan dan diperhatikan. Factor yang harus disesuaikan diantaranya adalah jumlah dan lokasi pemrosesan data, jumlah dan lokasi terminal atau remote, tipe transaksi, kepadatan lalulintas tipe tiap transaksi, prioritas data, pola lalulintas, keadaan system yang digunakan dan revenue yang mungkin didapat. Sedangkan untuk beberapa factor yang harus diperhatikan adalah waktu tanggap system dimana hal ini akan berpengarus dengan keakurasian data yang dikirim, ukuran beban dari system yang apabila ukuran beban terlalu besar maka akan berdampak pada jangka waktu pemrosesan, serta factor manusia dimana factor ini berhubungan dengan efisiensi algoritma pembagian router.
Komunikasi data memeiliki setandar protokol yang berfungsi untuk memeperlancar transaksi secara global. Setandar protokol ini akan dikatakan memenuhi syarat apabila memenuhi beberapa kriteria. Diantaranya adalah harus menjamin kompabilitas dua perangkat yang setara, bisa melayani banyak alat dengan kemampuan berbeda, dan berlaku umum serta mudah untuk difahami atau diterapkan.
Komunikasi data memiliki beberapa komponen. Yaitu sumber atau pengirim data, pemancar atau alat yang mengubah data yang semula berbentuk digital menajadi bentuk analog yang dapat dipancarkan, system transmisi yang merubah kembali data mejadi bentuk digital, penerima, dan tujuan.
Berikut adalah gambar dari proses pengiriman data:

Keterangan alur:
1.      Data digital yang berasal dari pengirim masuk pada modem untuk diproses
2.      Data yang telah diproses dalam modem akan keluar dalam bentuk data analog yang nantinya akan dipancarkan melalui media pengiriman yang sudah dipilih
3.      Data yang dipancarkan akan diterima oleh modem 2 atau modem penerima untuk diolah kembali menjadi data yang bisa dimengerti oleh penerima
4.      Data yang telah diolah akan disampaikan kepada penerima dalam bentuk data digital kembali
Jaringan computer adalah perangkat computer yang dibutuhkan agar perangkat yang satu dengan yang lain dapat dihubungkan. Jaringan ini dibutuhkan ketia terdapat dua perangkat yang berjauhan, dan terdapat serangkaian perangkat yang membutuhkan akses pada waktu yang bersamaan atau waktu yang berbeda. Jaringan computer memeiliki beberapa jenis alat yang bisa digunakan. Diantaranya adalah router yang berfungsi untuk menghubungkan dua perangkat dengan kelas berbeda, hap yang berfungsi sebagai alat penghubung dan mengirimkandata kepada seluruh anggotanya entah mereka butuh atau tidak, dan switch dimana dia akan mengirimkan data kepada perangkat yang membutuhkan saja.
Jaringan computer memeiliki beberapa pengklasifikasian. Diantaranya adalah LAN (local), MAN (metropolitan), dan WAN (wide). Selain memiliki klasifikasi yang berbeda, jaringan computer juga memiliki bentuk topologi yang beragam. Diantaranya topologi bus yang merupakan topologi dengan bentuk memanjang seperti bus sehingga dapat mengagkut perangkat yang disusun secara seri, topologi ring merupakan topologi yang berbentuk lingkaran dimana setiap perangkat harus memiliki dua Ethernet, topologi star merupakan topologi yang berbentuk bintang denagn satu switch yang terletak di tengah, topologi tree merupakan topoligi berbentuk pohon, serta yang terakhir adalah  topologi mesh dimana topologi ini memungkinkan terhubungnya satu perangkat dengan prangkat lain secara langsung.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer